Mahasiswa KKN-T UNDIP Membuat Branding Wrapping Kemasan Botol Plastik Untuk Kopi, Guna Meningkatkan Kualitas Mutu Kemasan di UMKM Kopi Pulosari

Pemalang | - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bertugas di Desa Pulosari Kecamatan Pulosari.Kabupaten Pemalang, melakukan kegiatan inovatif dalam upaya mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal dengan menginisiasi pembuatan branding wrapping kemasan botol plastik untuk produk kopi guna meningkatkan kualitas mutu kemasan.

Adalah KKN-T UNDIP yang tengah bertugas di Desa Pulosari, di bawah bimbingan Dosen Dr. Ir. Fahmi Arifan,S.T., M.Eng., IPM NIP., dan Dr. Heni Rizqiawati S. Pt., M.Si., dengan beranggotakan 20 mahasiswa.

Kegiatan ini diawali dengan survei dan wawancara bersama Warsito Al Hasan pelaku UMKM di Desa setempat untuk memahami kebutuhan dan tantangan dalam hal kemasan produk.

Berdasarkan hasil survei, Hadi Nurrokhim prodi Teknik Mesin UNDIP mahasiswa KKN-T UNDIP mengambil langkah serta menyusun desain kemasan baru yang lebih menarik dan fungsional.

Kemasan botol plastik yang digunakan untuk produk kopi diberi sentuhan branding wrapping, yang tidak hanya mempercantik tampilan kemasan tetapi juga memberikan informasi produk yang jelas dan meningkatkan daya tarik di pasar.

"Branding wrapping pada kemasan botol plastik ini tentu dapat memberikan nilai tambah pada produk kopi UMKM di Desa Pulosari, apalagi dengan tampilan yang lebih profesional dan menarik, kami berharap produk ini dapat bersaing lebih baik di pasar, Kami berharap bahwa kontribusi ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi UMKM di Desa Pulosari dan sekitarnya.
Program KKN-T UNDIP ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen Kami selaku Mahasiswa Universitas Diponegoro untuk turut berperan dalam pengembangan masyarakat dan perekonomian lokal melalui pemberdayaan UMKM", ucap Hadi Nurrokhim mahasiswa KKN-T UNDIP jurusan Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Kamis (22/8/2024).

Dalam kesempatan yang sama pemilik UMKM kopi Cap TUGU JUANG Warsito Al Hasan menyambut baik inisiatif dari tim KKN Mahasiswa Undip, dirinya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa UNDIP.

"Kami sangat terbantu dengan adanya desain kemasan baru ini, kemasan yang menarik dan informatif, tentu sangat penting untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Terima kasih kepada mahasiswa UNDIP yang telah membantu kami," ujar Warsito Al Hasan.

Selanjutnya dari Dosen pembimbing KKN-T UNDIP desa Pulosari, Dr. Ir. Fahmi Arifan,S.T., M.Eng., IPM, memberikan apresiasi tinggi terhadap kreativitas dan inisiatif mahasiswa.

"Mahasiswa KKN-T UNDIP telah menunjukkan inovasi yang luar biasa dalam membantu UMKM lokal, pembuatan branding wrapping untuk kemasan botol plastik ini merupakan langkah nyata yang dapat meningkatkan nilai jual produk dan membantu UMKM berkembang lebih baik, Kami bangga dengan kontribusi mereka," ucap Fahmi Arifan.

Selanjutnya Dr. Heni Rizqqiawati S. Pt., M.Si., juga sebagai dosen pembimbing KKN-T UNDIP desa Pulosari, turut menyampaikan pandangannya. "Inisiatif ini merupakan bukti nyata bagaimana mahasiswa dapat memberikan dampak positif langsung kepada masyarakat.

"Dengan keterlibatan dalam pembuatan branding wrapping, mahasiswa tidak hanya menerapkan ilmu yang telah dipelajari, tetapi juga membantu UMKM untuk lebih profesional dalam mengemas dan memasarkan produk mereka, Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan dedikasi para mahasiswa," tegas Heni Rizqqiawati.

"Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi UMKM setempat, tetapi juga menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa KKN-T UNDIP dalam mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah ke dalam dunia nyata", pungkas Heni Rizqqiawati. (Eko B Art).



Note : 
@Ready to Publish News in National Media: VoA/Metronews.


Comments

Popular posts from this blog

Langkah Awal Pengabdian: Mahasiswa KKN-T 158 Dorong Inovasi UKM Kopi Di Desa Jurangmangu

Idul Fitri Adalah Momen Kebersamaan "Berdiri Sama Tinggi, Duduk Sama Rendah"

Mahasiswa KKN Multidisiplin Dorong Kopi Jurangmangu Tembus Pasar Lewat Branding Berbasis Budaya Lokal